Header Ads


Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Di Kota Cirebon Stabil

Kota Cirebon (89,2 CR) - Selama masa pandemi Covid-19, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menilai harga kebutuhan pokok relatif stabil. Bantuan dari pemerintah menyebabkan harga kebutuhan pokok sulit naik, terlebih daya beli masyarakat tengah mengalami penurunan. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon, Drs. Sumanto mengatakan bahwa saat ini harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) masih relatif stabil kendati mendekati akhir Ramadhan. Akan tetapi masyarakat tetap diimbau untuk bijak dalam belanja kebutuhannya.

“Pantauan di lapangan hanya beberapa komoditi yang naik seperti cabai, sedangkan lainnya relatif stabil,” katanya dalam kajian online yang diselenggarakan Bank Indonesia Cirebon bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Ciayumajakuning dengan tema Ramadhan Bijak Belanja, Selasa (19/05/20) 

Sumanto menuturkan kondisi sulit seperti sekarang ini karena adanya wabah Covid 19 turut memukul daya beli masyarakat, akan tetapi adanya berbagai bantuan dari Pemerintah baik pusat maupun daerah diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat.

“Meski demikian kami terus memberikan imbauan agar masyarakat bijak belanja dan tidak menimbun barang kebutuhan pokok,” tuturnya.

Kepala Bank Indonesia Cirebon, Bakti Artanta mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terutama dari kalangan alim ulama untuk mengajak jamaahnya untuk bijak belanja dengan cara membeli kebutuhan pokok seperlunya apalagi di saat akhir Ramadhan.

“Selain itu dengan kondisi pandemi seperti sekarang kami sarankan agar melakukan transaksi dengan sistem pembayaran non-tunai,” tandasnya. [Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.