Header Ads


DKIS Kota Cirebon Klaim 112 Sudah Efektif

Kota Cirebon (89,2 CR) - Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 sangat membantu penanganan gawat darurat di Kota Cirebon. Terbukti sejumlah instansi seperti Polres Cirebon Kota dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) merasa terbantu dengan adanya layanan ini.

Kasietipol Polres Cirebon Kota, Ipda R Radhi F mencontohkan saat terjadi kebakaran, masyarakat telpon 112 selang beberapa menit sudah hadir Damkar kepolisian, ambulance / petugas kesehatan (119) bahkan Satpol PP. Ini membuktikan program NTPD sinergi dengan instansi yang membutuhkan bantuan urgent.

"Tim datang hampir bersamaan sehingga akan saling membantu dalam penanganan. Begitu pula jika terjadi peristiwa kegawatdaruratan lainnya," kata Radhi, Jumat (30/11/18).

Hal senada diungkapkan Ketua (P2TP2A)  Kota Cirebon, dr Siska yang mengaku merasa terbantu dengan kehadiran NTPD 112. Pihaknya dapat bergerak cepat ketika mendapat informasi adanya tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Sangat bermanfaat (adanya NTPD 112). Prosesnya sangat cepat dan efektif," ujar Siska.

Kepala DKIS Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP, Msi mengatakan keberadaan NTPD 112 meningkatkan layanan terhadap masyarakat. Tercatat selama dijalankan NTPD 112 sudah menerima pengaduan 87 keseluruhan tertangani.

"Namun masih ada oknum warga yang juga masih berbuat iseng untuk menelpon NTPD 112 tapi tidak memberikan informasi yang benar. Kami menghimbau agar warga masyarakat hanya memanfaatkan NTPD 112 untu kegawat daruratan saja," ungkap Iing.

Berdasarkan data terdapat 235 telepon yang masuk dan berbicara dengan petugas call centre 112. Dan terdapat 87 pengaduan yang kemudian tertangani dengan baik atas kerjasama antar satuan kerja.[Wlk]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.