Tips Rahasia Wawancara Kerja dari Para Ahli
Dalam wawancara , sudah pasti Anda akan dihujani berbagai pertanyaan
oleh si pewawancara, dengan maksud untuk mengenal Anda lebih jauh.
Banyak ahli percaya bahwa sebetulnya sukses dari sebuah wawancara kerja
justru bergantung pada diri Anda sendiri. Mengapa? Karena pertanyaan
yang diajukan oleh pewawancara kepada seluruh calon pegawai pada
dasarnya adalah sama, namun yang membedakan penilaian ialah jawaban dari
masing-masing calon pegawai tersebut. Untuk itu, artikel ini merupakan
artikel pertama yang akan mengupas tahap wawancara kerja dari kacamata
Para Ahli (senior recruiter) – apa pandangan para Ahli kepada
Anda. Sehingga dengan begitu, diharapkan Anda mampu ‘menyelami’ apa
sebenarnya yang diinginkan/diharapkan para pewawancara dari Anda, calon
pegawai baru. Berikut ini Tips rahasia tersebut:
1. Kreatifitas. “Bagi saya kreatifitas itu nomor satu. Selain itu, perlihatkan juga inisiatif, prestasi serta pencapaian apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukannya.” (Jone Hurd, agen recruitment dari Los Angeles)
2. Luwes. “Jalin hubungan dengan orang yang memanggil Anda. Karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda antusias dan sangat berminat pada pekerjaan yang ditawarkan. Anda bisa tanyakan apa saja yang perlu dibawa atau dokumen tambahan yang ia perlukan.” (Susan Major, agen recruitment di San Diego)
3. Berpikir Positif. “Jangan menjelek-jelekkan atas
lama saat wawancara kerja. Hal ini membuat si pewawancara berpikir, jika
Anda mengalami pengalaman buruk di perusahaan itu, apa yang terjadi di
perusahaannya nanti?” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)
4. Bersikap Wajar. “Bersikap wajar saja. Jangan terlalu tinggi, juga jangan asal dengan mengatakan mau kerja apa saja, karena akan tampak punya pendirian. Ketahui kebutuhan perusahaan dan tawarkan kemampuan Anda. Pada umumnya perusahaan menerima karyawan karena 2 hal: untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan.” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)
5. Cepat beradaptasi (quick learner). “Orang yang terlihat mampu beradaptasi dalam lingkungan baru telah menunjukan kemampuan bekerja dengan tipe orang yang berbeda.” (Akihito “Kiko” Washington, VP SDM, Time Warner di New York).(dikutip dari tipsanda.com)
1. Kreatifitas. “Bagi saya kreatifitas itu nomor satu. Selain itu, perlihatkan juga inisiatif, prestasi serta pencapaian apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukannya.” (Jone Hurd, agen recruitment dari Los Angeles)
2. Luwes. “Jalin hubungan dengan orang yang memanggil Anda. Karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda antusias dan sangat berminat pada pekerjaan yang ditawarkan. Anda bisa tanyakan apa saja yang perlu dibawa atau dokumen tambahan yang ia perlukan.” (Susan Major, agen recruitment di San Diego)
4. Bersikap Wajar. “Bersikap wajar saja. Jangan terlalu tinggi, juga jangan asal dengan mengatakan mau kerja apa saja, karena akan tampak punya pendirian. Ketahui kebutuhan perusahaan dan tawarkan kemampuan Anda. Pada umumnya perusahaan menerima karyawan karena 2 hal: untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan.” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)
5. Cepat beradaptasi (quick learner). “Orang yang terlihat mampu beradaptasi dalam lingkungan baru telah menunjukan kemampuan bekerja dengan tipe orang yang berbeda.” (Akihito “Kiko” Washington, VP SDM, Time Warner di New York).(dikutip dari tipsanda.com)
Tidak ada komentar
Posting Komentar